Selasa, 29 Maret 2011

Kepemimpinan


BAB I
PENDAHULUAN

Kepemimpinan merupakan suatu proses dengan berbagai cara mempengaruhi orang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan bersama. Pembahasan tentang kepemimpinan menyangkut tugas dan gaya kepemimpinan, cara mempengaruhi kelompok, yang mempengaruhi kepemimpinan seseorang.

Tugas kepemimpinan, meliputi dua bidang utama,pekerjaanyang harus diselesaikan dan kekompakan orang yang dipimpinannya. Tugas yang berhubungan dengan pekerjaan disebut task function. Tugsa yang berhubungan dengan pekerjaan perlu agar pekerjaan kelompok dapat diselesaikan dan kelompok mencapai tujuannya.

Orang yang memandang kepemimpinan sebagai status dan hak untuk memdapatkan fasilitas, uang, barang, jelas akan menunjukkan praktek kepemimpinan yang tidak sama dengan orang yang mengartikan kepemimpinan sebagai pelayanan kesejahtraan orang yang dipimpinnya. Factor-faktor yang berasal dari kita sendiri yang mempengaruhi kepemimpina kita adalah pengertian kita tentang kepemimpinan, nilai atau hal yang kita kejar dalam kepemimpinan, cara kita menduduki tingkat pemimpin dan pengalaman yang kita miliki dalam bidang kepemimpinan.

Oleh karena itu pada pembahasan makalah ini kami bahas tentang Pendekatan Dalam Kepemimpinan, sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi tingkah laku seorang pemimpin.

















BAB II
LANDASAN TEORI


A.     Pengertian

1.       Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatankegiatan dari sekelompok  anggota yang sedang berhubungan tugasnya.
Impilikasi penting dari definisi Stoner :
a.       Kepemimpinan menyangkut orang lain, bawahan atau pengikut.
b.       Kepemimpinan menyangkut suatu pembagian kekuasaan yang tidak seimbang antara pemimpin dan anggota kelompok.
c.       Pemimpin dapat mempergunakan pengaruh, jadi pemimpin tidak hanya memerintah apa yang harus dilakukan bawahannya tetapi juga mempengaruhi bagaimana bawahan melaksanakan perintahnya.
d.       Kepemimpinan adalah mengenai nilai ( menggabungkan tiga aspek pertama ). Kepemimpinan moral menyangkut nilai – nilai dan persyaratan bahwa bawahan di beri pengarahan mengenai alternative agar dapat membuat pilihan yang telah di pertimbangkan.

2.       Trust  (Kepercayaan)
Rasa percaya (trust) adalah konsep yang memiliki dua komponen, yaitu:
a.       Komponen emosional yang disebutkan sebagai antisipasi yang diyakinkan dan harapan yang penuh kepercayaan.
b.       Komponen intelektual yang didasar­kan pada sekumpulan rekaman mengenai performansi yang mengkonfirmasi rasa percaya (trust) tersebut.

Menurut Ciancutti & Steding, trust adalah rasa percaya menghasilkan manfaat kompetitif jangka panjang, pengaturan diri sendiri, efisiensi, performansi yang terinspirasi, serta kapasitas dan arti bagi organisasi

Menurut Giddens, trust adalah hubungan yang didasarkan rasa saling percaya di antara anggota organisasi bukanlah rasa percaya yang timbul begitu saja, tetapi adalah rasa percaya yang sengaja ditumbuhkan. Artinya bahwa masing-masing anggota organisasi harus bekerja dalam proses yang saling berbuka diri (self-disclosure) satu dengan lainnya





B.     Studi Pendekatan Kepemimpinan

I.        Pendekatan Sifat Pada Kepemimpinan
Pendekatan ini menekankan pada kualitas pemimpin. Keberhasilan pemimpin ditandai oleh daya kecakapan luar biasayang dimiliki oleh pemimpin, seperti tidak kenal lelah, intuisi yang tajam, tujuan ke masa depan yang tidak sempit, serta kecakapan yang meyakinkan yang sangat menarik.
Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, para pengikut Anda harus memercayai Anda dan dilibatkan dalam visi yang Anda miliki. Korn/Ferry International, suatu perusahaan pencari para eksekutif, mengadakan survei mengenai apa yang diinginkan organisasi dari sang pemimpinnya. Para responden mengatakan bahwa mereka menginginkan orang yang beretika sekaligus memiliki visi ke depan yang kuat.
Dalam banyak organisasi, tindakan seorang pemimpin menjadi teladan. Perilaku pemimpin bisa memenangkan kepercayaan, kesetiaan, dan menjamin vitalitas perusahaan agar berjalan dengan baik. Salah satu cara untuk membangun kepercayaan adalah dengan menunjukkan karakter yang baik terdiri dari keyakinan, nilai, kemampuan, dan sifat.
Sifat akan membedakan seseorang berdasarkan kualitas atau karakteristiknya, sedangkan karakter adalah jumlah keseluruhan dari sifat-sifat ini. Kita akan memfokuskan diri hanya pada beberapa sifat yang krusial untuk seorang pemimpin. Semakin banyak yang anda miliki dari daftar berikut, semakin besar kepercayaan pengikut anda terhadap anda.
Sifat-Sifat Seorang Pemimpin yang Baik
                           i.      Jujur. Seorang pemimpin yang baik menunjukkan ketulusan, integritas, dan keterbukaan dalam setiap tindakannya
                         ii.      Kompeten. Tindakan seorang pemimpin haruslah berdasar pada penalaran dan prinsip moral, bukannya menggunakan emosi kanak-kanak dalam mengambil suatu keputusan.
                       iii.      Berpandangan ke depan dan menetapkan tujuan. Dalam menetapkan tujuan, seorang pemimpin perlu menanamkan pemikiran bahwa tujuan itu adalah milik seluruh organisasi. Ia mengetahui apa yang diinginkannya dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Biasanya ia menetapkan prioritas berdasarkan nilai dasarnya.
                       iv.      Memberi inspirasi. Dalam mengerjakan setiap tugas, seorang pemimpin harus menunjukkan rasa percaya diri, ketahanan mental, fisik, dan spiritual. Dengan begitu, bawahan akan terdorong untuk mencapai yang lebih baik lagi.
                         v.      Cerdas. Seorang pemimpin yang efektif harus memiliki kemauan untuk terus membaca, belajar, dan mencari tugas-tugas yang menantang kemampuannya.
                       vi.      Berpikiran adil. Prasangka adalah musuh dari keadilan. Seorang pemimpin yang baik akan memperlakukan semua orang dengan adil. Ia menunjukkan empatinya dengan bersikap peka terhadap perasaan, nilai, minat, dan keberadaan orang lain.
                     vii.      Berpikiran luas. Pemimpin yang baik menyadari setiap perbedaan yang ada dalam ruang lingkup kepemimpinannya dan mau menerima segala perbedaan itu.
                   viii.      Berani. Seorang pemimpin yang baik selalu bertekun dalam usahanya mencapai tujuan, bukannya terus-terusan berusaha mengatasi berbagai halangan yang memang sulit untuk diatasi. Biasanya, meskipun sedang berada di bawah tekanan, ia tetap tenang dan menunjukkan rasa percaya diri.
                       ix.      Tegas. Anda tidak dapat menjadi seorang pemimpin yang baik bila tidak tegas dalam mengambil keputusan tepat di saat yang tepat.
                         x.       Imajinatif. Inovasi dan kreativitas diperlukan dalam suatu kepemimpinan.

Para pemimpin memiliki ciri – ciri atau sifat – sifat tertentu yang menyebabkan mereka dapat memimpin, sifat – sifat tersebut menyangkut :
a.       Energy
b.       Pandangan
c.       Pengetahuan dan kecerdasan
d.       Imajinasi
e.       Integritas
f.        Kepandaian berbicara
g.       Pengendalian
h.       Keseimbangan  mental dan emosional
i.         Kepercayaan diri
Keith Davis mengihtisarkan 4 sifat/cirri yang mempengaruhi kesuksesan kepemimpinan :
1.       Kecerdasan
2.       Kedewasaan dan keluasan hubungan social
3.       Motivasi diri dan dorongan berpartisipasi
4.       Sikap – sikap hubungan manusiawi


II.      Pendekatan Tingkah Laku Pada Kepemimpinan

Pendekatan tingkah laku kepemimpinan artinya perbuatan, kelakuan, atau perangai seorang pemimpin.  Selama tiga dekade, dimulai pada permulaan tahun 1950-an, penelitian mengenai perilaku pemimpin telah didominasi oleh suatu fokus pada sejumlah kecil aspek dari perilaku. Kebanyakan studi mengenai perilaku kepemimpinan selama periode tersebut menggunakan kuesioner untuk mengukur perilaku yang berorientasi pada tugas dan yang berorientasi pada hubungan.
Beberapa studi telah dilakukan untuk melihat bagaimana perilaku tersebut dihubungkan dengan kriteria tentang efektivitas kepemimpinan seperti kepuasan dan kinerja bawahan. Peneliti-peneliti lainnya menggunakan eksperimen laboratorium atau lapangan untuk menyelidiki bagaimana perilaku pemimpin mempengaruhi kepuasan dan kinerja bawahan. Jika kita cermati, satu-satunya penemuan yang konsisten dan agak kuat dari teori perilaku ini adalah bahwa para pemimpin yang penuh perhatian mempunyai lebih banyak bawahan yang puas.

Hasil studi kepemimpinan Ohio State University menunjukkan bahwa perilaku pemimpin pada dasarnya mengarah pada dua kategori yaitu consideration dan initiating structure. Hasil penelitian dari Michigan University menunjukkan bahwa perilaku pemimpin memiliki kecenderungan berorientasi kepada bawahan dan berorientasi pada produksi/hasil. Sementara itu, model leadership continuum dan Likert’s Management Sistem menunjukkan bagaimana perilaku pemimpin terhadap bawahan dalam pembuatan keputusan. Pada sisi lain, managerial grid, yang sebenarnya menggambarkan secara grafik kriteria yang digunakan oleh Ohio State University dan orientasi yang digunakan oleh Michigan University. Menurut teori ini, perilaku pemimpin pada dasarnya terdiri dari perilaku yang pusat perhatiannya kepada manusia dan perilaku yang pusat perhatiannya pada produksi.
Pendekatan perilaku memusatkan perhatian pada dua aspek :
1.       Fungsi kepemimpinan
Dua fungsi utama yang dilakukan pemimpin agar keompoknya berjalan dengan efektif yaitu :
a.       Fungsi – fungsi yang berhubungan dengan tugas atau pemecahan masalah, yang menyangkut pemberian saran penyelesaian informasi dan pendapat
b.       Fungsi – fungsi pemeliharan kelompok atau social. Menvcakup persetujuan dengan kelompok lain, penengahan perbedaan pendapat.

2.       Gaya kepemimpinan
a.       Gaya dengan orientasi tugas
b.       Gaya dengan orientasi karyawan


III.   Pendekatan Kontingensi Dalam Kepemimpinan

Pendekatan ini di sebut juga pendekatan situasional, sebagai tehnik yang paling baik dalam memberikan kontribusi untuk pencapaian sasaran organisasi dan mungkin bervariasi dalam lingkungan yang berbeda.

Teori-teori kontingensi berasumsi bahwa berbagai pola perilaku pemimpin (atau ciri) dibutuhkan dalam berbagai situasi bagi efektivitas kepemimpinan. Teori Path-Goal tentang kepemimpinan meneliti bagaimana empat aspek perilaku pemimpin mempengaruhi kepuasan serta motivasi pengikut. Pada umumnya pemimpin memotivasi para pengikut dengan mempengaruhi persepsi mereka tentang konsekuensi yang mungkin dari berbagai upaya.

Bila para pengikut percaya bahwa hasil-hasil dapat diperoleh dengan usaha yang serius dan bahwa usaha yang demikian akan berhasil, maka kemungkinan akan melakukan usaha tersebut. Aspek-aspek situasi seperti sifat tugas, lingkungan kerja dan karakteristik pengikut menentukan tingkat keberhasilan dari jenis perilaku kepemimpinan untuk memperbaiki kepuasan dan usaha para pengikut.

a.       LPC Contingency Model dari Fiedler berhubungan dengan pengaruh yang melunakkan dari tiga variabel situasional pada hubungan antara suatu ciri pemimpin (LPC) dan kinerja pengikut. Menurut model ini, para pemimpin yang berskor LPC tinggi adalah lebih efektif untuk situasi-situasi yang secara moderat menguntungkan, sedangkan para pemimpin dengan skor LPC rendah akan lebih menguntungkan baik pada situasi yang menguntungkan maupun tidak menguntungkan.
b.       Leader Member Exchange Theory menjelaskan bagaimana para pemimpin mengembangkan hubungan pertukaran dalam situasi yang berbeda dengan berbagai pengikut. Hersey and Blanchard Situasional Theory lebih memusatkan perhatiannya pada para pengikut. Teori ini menekankan pada perilaku pemimpin dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya dan hubungan pemimpin pengikut.
c.       Leader Participation Model menggambarkan bagaimana perilaku pemimpin dalam proses pengambilan keputusan dikaitkan dengan variabel situasi. Model ini menganalisis berbagai jenis situasi yang mungkin dihadapi seorang pemimpin dalam menjalankan tugas kepemimpinannya. Penekanannya pada perilaku kepemimpinan seseorang yang bersifat fleksibel sesuai dengan keadaan yang dihadapinya.


IV.     Pendekatan Tingkah Laku Dari Kouzes

 Kepemimpinan merupakan hal yang penting dalam organisasi, karena menyangkut hubungan antara pemimpin dengan anggota. Dalam pendekatan tingkah laku kepemimpinan dari Kouzes adalah ia meyakini bahwa suatu kinerja yang memiliki kualitas unggul berupa barang atau pun jasa, hanya dapat dihasilkan oleh para pemimpin yang memiliki kualitas prima.

Dikemukakan, kualitas kepemimpinan manajerial adalah suatu cara hidup yang dihasilkan dari “mutu pribadi total” ditambah “kendali mutu total” ditambah “mutu kepemimpinan”.Berdasarkan penelitiannya, ditemukan bahwa terdapat 5 (lima) praktek mendasar pemimpin yang memiliki kualitas kepemimpinan unggul, yaitu;

a.       pemimpin yang menantang proses
b.       memberikan inspirasi wawasan bersama
c.       memungkinkan orang lain dapat bertindak dan berpartisipasi
d.       mampu menjadi penunjuk jalan
e.       memotivasi bawahan



V.      Langkah – Langkah Pendekatan Kepemimpinan

a.       Pendekatan pertama : memandang kepemimpinan sebagai suatu kombinasi sifat – sifat (traits ) yang tampak.
b.       Pendekatan kedua : mengidentifikasikan perilaku – perilaku (behaviors) peribadi yang berhubungan dengan kepemimpinan evektif
c.       Pendekatan ketiga : pandangan ini menganggap bahwa kondisi yang menentukan efektifitas kepemimpinan bervariasi dengan situasi, tugas – tugas yang dilakukan, keterampilan, dan pengarahan bawahan, lingkungan organisasi, pengalaman, masa lalu pemimpim dan bawahan.


VI.    Kepemimpinan Situsional dari Harsey dan Blanchard
Harsey dan Blanchard mengatakan bahwa gaya kepemimpinan yang efektif bervariasi dengan kesiapan karyawan. Kesiapan didefinisikan sebagai keinginan untuk berpartisipasi, kemauan untuk menerima tanggung jawab, dan kemampuan yang berhubungan dengan tugas, keterampilan dan pengalaman.
Hubungan antara meanajer dan pengikutnya melewati 4 fase pada saat karyawan berkembang, yaitu :
1.       Tahap kesiapan awal perhatian pada tugas yang tinggi oleh manajer merupakan tindakan yang tepat, karyawan harus diberi intruksi dan dibiasakan dengan peraturan dan prosedur organisasi
2.       Seiring dengan bawahan yang mulai belajar mengenai tugasnya, perhatian pada tugas tetap penting karena mereka belum mampu berfungsi tanpa struktur
3.       Karyawan mempunyai kemampuan lebih besar dan motivasi berpartisipasi melalui tampak dan mulai mencari tanggung jawab yang lebih besarPada tahap ke empat, karyawan perlahan – lahan menjadi lebih percaya diri, bias mengarahkan diri dan berpengalaman ( mandiri ) sengdankan pemimpin dapat mengurangi jumlah dukungan dan perhatian.



VII. Gaya kepemimpinan dan situasi kerja model Fiedler
Fiedler mengidentifikasikan tiga macam situasi kepemimpinan atau variable yang membantu menentukan gaya kepemimpinan yang efektif, yaitu :
1.       Mutu hubungan pemimpin dan anggota, merupakan pengaruh paling penting terhadap kekukasaan dan efektifitas manajer. Bila manajer mempunyai hubungan yang baik dengan anggota kelompok, anggota kelompok menghormati manajer dengan alas an kepribadian, karakter, atau kemampuan maka manajer tidak perlu mengandalkan pangkat dan wewenang formal.
2.       Struktur tugas adalah variable penting kedua dalam situasi kepemimpinan. Tugas yang struktur adalah tugas yang mempunyai prosedur atau perintah langkah demi langkah
3.       Kekuasaan posisi pemimpin, merupakan variable situasional terakhir. Beberapa posisi seperti puncak pimpinan parusahaan membawa kekuasaan dan wewenang yang besar.

Model Fiedler menunjukkan bahwa penccokan yang memadai dari gaya kepemimpinan dan situasi ( di tentukan oleh interaksi ketiga variable) menghasilkan prestasi kerja manajerial yang efektif.






















BAB III
KARAKTERISTIK PRIBADI KARYAWAN

Bila semua karyawan diperusahaan mampu bekerja dengan etos kerja terbaik, maka budaya perusahaan akan bertransformasi menjadi budaya high trust. Budaya high trust akan menghasilkan kredibilitas yang menciptakan rasa percaya setiap stakeholder kepada reputasi perusahaan. Untuk itu, perusahaan harus memiliki tindakan nyata untuk menanam etos kerja yang berkualitas di dalam DNA organisasi. Penanaman ini harus dimulai dari mind set setiap karyawan dan pimpinan perusahaan.

Pada umumnya, karyawan – karyawan yang beretos kerja terbaik itu akan berperilaku atau pun berciri-ciri seperti:

1.       Mereka akan bekerja untuk membangun reputasi dan kredibilitas dirinya, agar dirinya dihargai perusahaan. Mereka sadar bahwa prestasi dan karir kerja mereka hanya akan berjalan baik, bila mereka mampu berdedikasi total kepada pekerjaan mereka
2.        Mereka sangat loyal kepada pimpinan dan perusahaan. Mereka juga tidak pernah hitung-hitungan jam kerja. Apa pun kejadiannya, mereka akan mengutamakan tanggung jawab pekerjaannya secara maksimal.
3.       Mereka bergabung ke perusahaan dengan membawa misi dan visi pribadi mereka. Yang pasti, mereka akan menggunakan perusahaan sebagai kendaraan untuk memperbaiki kualitas hidup mereka, baik itu dari sisi finansial, maupun dari sisi status sosial mereka.
4.       Mereka selalu fokus dan memiliki Komitmen tinggi untuk menjalankan semua rencana kerja perusahaan secara total dan berkualitas. Mereka akan mendedikasikan dirinya untuk bekerja keras mengejar target-target yang diberikan perusahaan.
5.       Demi untuk keberhasilan perusahaan, mereka selalu bekerja dengan cara melakukan kolaborasi, koordinasi, komunikasi dengan atasan dan bawahan mereka.










BAB IV
MASA DEPAN TEORI KEPEMIMPINAN

Suatu persyaratan penting bagi efektivitas atau kesuksesan pemimpin (kepemimpinan) dan manajer (manajemen) dalam mengemban peran, tugas, fungsi, atau pun tanggung jawabnya masing-masing adalah kompetensi. Konsep mengenai kompetensi untuk pertamakalinya dipopulerkan oleh Boyatzis (1982) yang didefinisikan kompetensi sebagai “kemampuan yang dimiliki seseorang yang nampak pada sikapnya yang sesuai dengan kebutuhan kerja dalam parameter lingkungan organisasi dan memberikan hasil yang diinginkan”.
Beberapa pandangan di atas mengindikasikan bahwa kompetensi merupakan karakteristik atau kepribadian (traits) individual yang bersifat permanen yang dapat mempengaruhi kinerja seseorang. Selain traits dari Spencer dan Zwell tersebut, terdapat karakteristik kompetensi lainnya, yatu berupa motives, self koncept (Spencer, 1993), knowledge, dan skill ( Spencer, 1993; Rothwell and Kazanas, 1993). Menurut review Asropi (2002), berbagai kompetensi tersebut mengandung makna sebagai berikut : Traits merunjuk pada ciri bawaan yang bersifat fisik dan tanggapan yang konsisten terhadap berbagai situasi atau informasi. Motives adalah sesuatu yang selalu dipikirkan atau diinginkan seseorang, yang dapat mengarahkan, mendorong, atau menyebabkan orang melakukan suatu tindakan. Motivasi dapat mengarahkan seseorang untuk menetapkan tindakan-tindakan yang memastikan dirinya mencapai tujuan yang diharapkan (Amstrong, 1990).
Self concept adalah sikap, nilai, atau citra yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri; yang memberikan keyakinan pada seseorang siapa dirinya. Knowledge adalah informasi yang dimilki seseorang dalam suatu bidang tertentu. Skill adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas tertentu, baik mental ataupun fisik.










BAB V
PENUTUP

KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa :
 
·         Hal yang perlu diperhatikan dalam sifat kepemimpinan adalah karakter dari sosok pemimpin itu sendiri karena seorang yang berkarakter kuat menunjukkan aktivitas, energi, kemantapan tekad, disiplin, kemauan keras, dan keberanian. Dia melihat apa yang ia inginkan lalu mengejarnya. Ia juga menarik orang untuk mengikutinya. sedangkan orang yang berkarakter lemah tidak menunjukkan sifat-sifat tersebut. Ia tidak tahu apa yang ia inginkan. Sifatnya tidak terkelola dengan baik, terombang-ambing dan tidak konsisten. Akibatnya, tidak ada seorang pun yang bersedia mengikutinya.
·         Berdasarkan agama islam ada 4 sifat - dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu : siddiq, amanah, tabligh, dan fatonah.
·         Perilaku pemimpin pada dasarnya terdiri dari perilaku yang pusat perhatiannya kepada manusia dan perilaku yang pusat perhatiannya pada produksi.
·         Teori-teori kontingensi berasumsiØ bahwa berbagai pola perilaku pemimpin (atau ciri) dibutuhkan dalam berbagai situasi bagi efektivitas kepemimpinan
·         Berdasarkan teori kouzes terdapat 5 (lima) praktek mendasar pemimpin yang memiliki kualitas kepemimpinan unggul, yaitu; pemimpin yang menantang proses, memberikan inspirasi wawasan bersama, memungkinkan orang lain dapat bertindak dan berpartisipasi, mampu menjadi penunjuk jalan, dan memotivasi bawahan.













DAFTAR PUSTAKA

Wahjosumidjo, kepemimpinan kepala sekolah, Jakarta : rajawali pers 2008
 Rivai Veithzal,Kpemimpinan dan Perilaku organisasi, Jakarta :PT.Raja Grafindo Persada, 2007
 http://www.nwlink.com/~donclark/leader/leadchr.html
 www.ninecorporatetrainer.com
 http://aparaturnegara.bappenas.go.id/data/Kajian/Kajian-2003/Dimensi%






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar